Pengertian Ringkasan, serta Ciri dan Cara Membuatnya

Halo semuanya, siapa di antara kita yang tidak pernah merasa kewalahan dengan banyaknya informasi yang harus dipahami dalam waktu singkat? Di era informasi seperti sekarang, kemampuan untuk merangkum atau meringkas informasi sangatlah penting.

Bayangkan jika kita bisa menyaring inti sari dari sebuah buku tebal atau artikel panjang hanya dalam beberapa paragraf singkat! Pasti lebih efisien, bukan? Nah, kali ini admin akan membahas tentang apa itu ringkasan, ciri-cirinya, dan bagaimana cara membuatnya dengan efektif.

Bisa meringkas informasi sangatlah penting baik jika kamu masih menempuh pendidikan ataupun sudah kerja nantinya.

Apa Itu Ringkasan?

Ringkasan adalah penyajian singkat dari sebuah teks yang panjang, yang mencakup poin-poin utama tanpa mengubah makna aslinya. Tujuan utama dari ringkasan adalah untuk menyaring informasi penting sehingga mudah dipahami dalam waktu singkat.

Dengan kata lain, ringkasan membantu kita menangkap inti dari suatu bacaan tanpa harus membaca seluruh teks secara detail.

Membuat ringkasan sangat penting karena dapat membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari. Dengan merangkum, kita dapat:

  • Memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik.
  • Menyajikan informasi dengan cara yang lebih terstruktur dan mudah dipahami.
  • Menghemat waktu saat harus menyampaikan atau mengulas kembali informasi yang telah dipelajari.

Ciri-Ciri Ringkasan yang Baik

1. Singkat dan Padat

Ringkasan harus disusun dengan singkat dan padat. Artinya, ringkasan harus bisa menyampaikan inti sari dari teks asli tanpa harus memuat semua detailnya. Hal ini bertujuan agar ringkasan mudah dipahami dan tidak memakan banyak waktu untuk dibaca.

2. Fokus pada Inti Pembahasan

Sebuah ringkasan yang baik harus fokus pada inti pembahasan dari teks asli. Artinya, hanya informasi penting dan utama yang dimasukkan ke dalam ringkasan. Dengan begitu, pembaca dapat dengan cepat menangkap poin-poin penting dari teks tersebut.

3. Menggunakan Bahasa yang Jelas

Bahasa yang digunakan dalam ringkasan harus jelas dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah-istilah yang rumit atau kalimat yang berbelit-belit. Sebaliknya, gunakan kalimat yang sederhana dan langsung pada intinya.

4. Menghindari Plagiarisme

Saat membuat ringkasan, sangat penting untuk menghindari plagiarisme. Caranya adalah dengan menggunakan kata-kata sendiri untuk menyampaikan informasi dari teks asli. Jangan menyalin kalimat-kalimat dari teks asli secara langsung, melainkan parafrase atau tulis ulang dengan bahasa sendiri.

Cara Membuat Ringkasan

1. Membaca Teks Asli

Langkah pertama dalam membuat ringkasan adalah membaca teks asli secara menyeluruh. Hal ini penting untuk memahami konteks dan keseluruhan isi teks sebelum mulai merangkum.

2. Mengidentifikasi Ide Pokok

Setelah membaca teks, identifikasi ide pokok dan poin-poin penting dari teks tersebut. Tandai atau catat bagian-bagian yang menurut kamu paling penting dan relevan.

3. Menyusun Kalimat Ringkasan

Gunakan ide pokok yang telah diidentifikasi untuk menyusun kalimat ringkasan. Pastikan kalimat yang kamu buat singkat, padat, dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau berbelit-belit.

4. Mengecek Kembali Ringkasan

Langkah terakhir adalah mengecek kembali ringkasan yang telah dibuat. Pastikan tidak ada informasi penting yang terlewat dan ringkasan sudah menyampaikan inti sari dari teks asli dengan baik.

Contoh Ringkasan

Contoh Paragraf 1

Paragraf Asli: Perubahan iklim telah menjadi isu global yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari perubahan cuaca ekstrem, kenaikan permukaan air laut, hingga dampak negatif terhadap kesehatan manusia. Semua ini memerlukan tindakan segera dari berbagai pihak untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menjaga kelestarian lingkungan.

Ringkasan: Perubahan iklim berdampak pada cuaca ekstrem, kenaikan permukaan laut, dan kesehatan manusia, sehingga diperlukan tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menjaga lingkungan.

Contoh Paragraf 2

Paragraf Asli: Pendidikan merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan pendidikan yang baik, seseorang dapat mengembangkan potensi diri, meningkatkan keterampilan, dan membuka peluang untuk masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, akses terhadap pendidikan berkualitas harus menjadi prioritas bagi pemerintah dan masyarakat.

Ringkasan: Pendidikan penting untuk meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan potensi, dan membuka peluang masa depan, sehingga akses pendidikan berkualitas harus diprioritaskan.

Contoh Paragraf 3

Paragraf Asli: Teknologi terus berkembang dengan cepat, membawa berbagai inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Dari kemajuan dalam bidang komunikasi, transportasi, hingga kesehatan, teknologi telah mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi. Namun, perkembangan teknologi juga membawa tantangan baru yang harus diatasi, seperti keamanan data dan privasi.

Ringkasan: Perkembangan teknologi memudahkan kehidupan sehari-hari dalam komunikasi, transportasi, dan kesehatan, namun juga menimbulkan tantangan seperti keamanan data dan privasi.

Penutup

Membuat ringkasan adalah keterampilan penting yang membantu dalam memahami dan mengingat informasi. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dibahas, kita dapat membuat ringkasan yang efektif dan bermanfaat.

About the Author: Sebastian Fine